isbn

Informasi Tentang ISBN dan Hak Cipta

1. Apakah ISBN itu?

 ISBN (International Standard Book Number) adalah deretan angka 13 digit sebagai pemberi identifikasi unik secara internasional terhadap satu buku maupun produk seperti –buku yang diterbitkan oleh penerbit. Setiap nomer memberikan identifikasi unik untuk setiap terbitan dari setiap penerbit, memungkinkan pemasaran produk yang lebih efisien bagi toko buku, perpustakaan, universitas maupun distributor.

 

2. Apakah ISBN termasuk hak cipta?

a. TIDAK. Nomor ISBN tidak ada hubungan dengan hak cipta.

Sesuai dengan Undang-Undang Hak cipta yang berlaku Di Indonesia, pendaftaran ciptaan BUKAN merupakan suatu KEHARUSAN bagi pencipta atau pemegang hak cipta, dan timbulnya perlindungan suatu ciptaan dimulai sejak ciptaan itu ada atau terwujud dan bukan karena pendaftaran[2]. Namun demikian, surat pendaftaran ciptaan dapat dijadikan sebagai alat bukti awal di pengadilan apabila timbul sengketa di kemudian hari terhadap ciptaan[1]. Sesuai yang diatur pada bab IV Undang-undang Hak Cipta, pendaftaran hak cipta diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual (Ditjen HKI), yang kini berada di bawah [Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia]]. Pencipta atau pemilik hak cipta dapat mendaftarkan langsung ciptaannya maupun melalui konsultan HKI.

Info lengkap tentang hak cipta silakan baca di sini, klik: HAK CIPTA

 

b. Fungsi ISBN hanyalah untuk pemberi indentifikasi unik pada setiap buku yang diterbitkan yang berguna untuk, misalnya memudahkan proses pembayaran di kasir, proses pendataan di suatu perpustakaan, dsb.

Jadi ISBN bukanlah nomor PERIJINAN atau HAK CIPTA.

 

Untuk penambahan nomor ISBN, biayanya adalah 300 ribu rupiah per judul, ditambah dengan harga 2 eksemplar buku Anda sebagai bukti terbit yang akan kami kirimkan ke Perpustakaan Nasional.

Hal ini sesuai dengan ketentuan pengurusan ISBN resmi dari Perpustakaan Nasional yang tercantum di halaman ini: ISBN 

Ingin penambahan ISBN? Silakan email ke admin@nulisbuku.com, dan kami mohon mengisi dan mempelajari berkas ISBN yang akan kami kirim melalui email Anda.

Waktu pengurusan ISBN adalah 10 hari kerja. Proses akan dimulai setelah ada bukti pembayaran.

Terima kasih.