FAQ

Pertanyaan-pertanyaan Umum Yang sering ditanyakan:

 

1. Apakah nulisbuku.com adalah penerbit?

Nulisbuku.com BUKAN penerbit. Kami adalah mitra Anda atau para penulis lainnya untuk menjadi penerbit sendiri (Self Publishing). Dengan demikian sebenarnya yang menjadi penerbit adalah si penulis itu sendiri, dan tentunya penulis juga masih memiliki hak cipta atas karyanya, dan tentu saja penulis  boleh menawarkan karyanya ke pihak lain/ ke penerbit lain dengan bebas.

Ingin lebih jelas mengenai apa itu nulisbuku.com, silakan saksikan video ini, klik--> http://goo.gl/eyjflz

2. Apa artinya selfpublishing? 

Selfpublishing, dikenal juga sebagai Penerbitan Mandiri, adalah salah satu cara menerbitkan buku oleh penulis tanpa bantuan penerbit mayor (Major Publisher), artinya penulis juga merangkap tugas sebagai penerbit yang bertanggung jawab penuh atas keseluruhan proses penerbitan bukunya, dari mulai menulis naskah, desain sampul buku dan lay-out naskah, menentukan harga buku, distribusi sampai dengan memasarkan buku. Jika penulis tidak dapat membuat desain sendiri untuk cover dan lay-out isi naskahnya, kebanyakan mereka menggunakan jasa desain dari orang lain. (Nulisbuku.com menyediakan jasa berbayar untuk desain cover dan lay-out isi buku, info lengkap kirim email ke admin@nulisbuku.com)

3. Apakah artinya SelfPublishing - Print On Demand?

Print On demand adalah sistem yang digunakan oleh nulisbuku.com, artinya kami mencetak buku hanya berdasarkan pesanan saja. Jadi kami tidak mempunyai stok di gudang karena kami hanya mencetak sejumlah pesanan saja. Karena itu dalam setiap pesanan kami membutuhkan beberapa hari untuk proses cetak, post-press dan pengiriman, rata-rata waktu yang kami butuhkan untuk proses tersebut adalah 10 hari kerja (kecuali Sabtu-Minggu, dan hari libur tidak termasuk)

4. Bagaimana cara menerbitkan buku di nulisbuku.com?

Sebelumnya, untuk menulis naskah, Anda akan memerlukan template naskah dengan ukuran standar dari nulisbuku.com, download templatenya di sini, gratis~> http://goo.gl/8aoua serta template cover/sampul bukunya dapat didownload di sini, gratis ~> http://goo.gl/L2sFd

Untuk menerbitkan buku di nulisbuku.com, terlebih dahulu naskah harus diupload/unggah di situs kami. Cara Upload/unggah naskah: Silahkan baca informasinya lengkap untuk memasukkan/input/upload naskah dengan klik di halaman ini: http://nulisbuku.com/cara-input-naskah 

5. Dimana saja tempat penjualan buku yang terbit di nulisbuku.com?

Buku-buku yang terbit di nulisbuku.com hanya dijual di toko buku online kami: nulisbuku.com, sehingga pembaca yang ingin membeli buku yg ada di toko online kami, bisa melakukan pemesanan dan pembelian di situs tersebut, salah satu yang unik lagi adalah: penulis akan menentukan sendiri harga jual bukunya, termasuk besarnya royalti yang akan diterima.

Toko Buku Online: Nulisbuku.com
  

6. Apakah layanan menerbitkan buku ini gratis?

 Benar, GRATIS! Anda dapat mendaftarkan diri untuk menjadi anggota kami dengan tanpa biaya, meng-upload naskah, menempatkan dan menjual buku-buku yang Anda terbitkan di toko buku online kami juga tanpa biaya.

 7. Berapa lama waktu yang biasanya dibutuhkan dari upload naskah sampai akhirnya buku tersebut siap untuk dipublikasikan (Go Live)? (Diluar proses produksi cetak buku nantinya)

Prosesnya kurang lebih 10 hari kerja, atau hari dimana penulis memberikan persetujuan untuk 'go live' setelah menerima buku proofread yang telah dipesan saat pertama kali upload naskah. 

8. Bagaimana dengan sampul buku, apakah penulis harus membuat sendiri atau tim nulisbuku akan membantu?

Dalam website nulisbuku disediakan gratis template untuk sampul buku, yang bisa dipergunakan oleh penulis untuk membuat disain sampul bukunya sendiri. 
Tetapi kami juga menyediakan tenaga profesional untuk desain sampul buku, tentunya jika menggunakan jasa ini akan ada tambahan biaya lagi untuk pengerjaan ini. Klik di sini untuk info selanjutnya.

9. Genre/ Tema buku apa saja yang akan bisa diterbitkan di nulisbuku.com?

Pada intinya kami menerima semua bentuk naskah, baik berupa puisi, novel, komik, novel grafis, bahkan buku kumpulan foto-foto ataupun buku resep masakan :). Apapun temanya akan kami terbitkan, asalkan tidak mengandung SARA dan Pornografi. Bahkan kami bisa mencetak jenis Photobook, misalnya buku hasil-hasil foto dari traveling, atau buku kumpulan foto kuliner di Indonesia.

10. Apakah benar nulisbuku akan mencetak naskah menjadi buku cetak (paper book) bukan ebook (buku digital)?

Benar, bentuknya benar-benar buku (paper book), seperti buku yang ada di toko-toko buku pada umumnya. Buku beserta sampul berwarna dan finishing jilid lem (Perfect Bound), dan tentunya saat customer membeli buku dari nulisbuku, akan dikirimkan sudah berbungkus plastik (wrapping) juga.

11. Apakah semua buku yang tercetak nantinya akan mendapatkan ISBN dan bar code?

Untuk penambahan ISBN dan barcode-nya kami bisa membantu untuk pengurusannya, tentunya dengan penambahan biaya.Untuk jasa layanan kami, klik di halaman service, atau email ke: admin@nulisbuku.com

12. Berapa profit sharing antara penulis dengan tim nulisbuku? Siapa yang menentukan harga ke pembeli?

Salah satu keunikan nulisbuku.com adalah penulis dapat menentukan sendiri harga jual bukunya sendiri (tentunya royalti tiap buku juga ditentukan sendiri oleh penulis)

--------------------------------------------------------------------------
Berikut skema harga untuk sebuah buku:
(Ongkos produksi) + (Fee untuk nulisbuku.com) + (Royalti penulis) = (Harga Jual buku)

Keterangan:
- Ongkos produksi: tergantung oleh spesifikasi buku.
- Royalti penulis : Fee nulisbuku.com = besarnya 60:40, 60% untuk Royalti Penulis, 40% Fee nulisbuku

- Harga minimum buku Rp 33.000,00

Contoh:
Untuk naskah isi 200 halaman (Tidak termasuk sampul buku), hitam-putih, kertas novel.
Perhitungannya adalah: (Anda akan menemukan alat bantu hitung harga- otomatis kami ini di halaman ini-> http://nulisbuku.com/projects/upload)

   * Price: 50000 <~ Harga yang Anda tetapkan sendiri

   * Base Price: 41000 <~ Harga Produksi per buku untuk 200 halaman

   * Net Price: 9000 <~ Keuntungan yg didapat per buku

   * Nulisbuku Share: 3600 <~ Keuntungan yang dibagikan untuk nulisbuku.com
   * Your Raoyalti: 5400 <~ ROYALTI yang diterima oleh penulis dari setiap buku yang terjual.

--------------------------------------------------------------------------

13. Bagaimana proses produksi/pencetakan buku dilakukan?

Setelah memesan buku via email admin@nulisbuku.com atau via website, kami menunggu 10 hari untuk batas waktu pembayaran dihitung dari tanggal order. Proses produksi memakan waktu 7-14 hari kerja setelah konfirmasi pembayaran via email.

Untuk naskah baru, proses produksi dilakukan setelah kami menerima semua berkas naskah lengkap dan siap untuk diproduksi.

14. Bagaimana mengetahui royalti buku yang sudah terjual? Bagaimana cara menarik royalti penjualan buku?

Royalti penjualan buku Anda bisa dilihat di halaman 'Royalti', letak tombol 'Royalti' muncul setelah kita klik tombol 'My Account' di daerah kanan atas situs nulisbuku.com (Atau klik link ini: http://nulisbuku.com/royalti ). Anda dapat melihat halaman royalti jika Anda sudah login di nulisbuku.com.


Royalti penjualan dapat ditarik setelah 3 bulan buku Anda terbit/LIVE di situs nulisbuku.com dan dapat menariknya lagi per 3 bulan berikutnya. Caranya, dengan mengirimkan email ke admin@nulisbuku.com dengan Subject: Penarikan Royalti "Judul Buku". Serta sebutkan judul buku dan nama penulisnya. Setelah itu kami akan segera memproses penarikan royalti tersebut.

15. Siapa yang menentukan format buku, penulis atau tim nulis buku?

Kami telah menyediakan sebuah template default berbentuk file Microsoft Word yang dapat di download untuk penulis di sini: http://goo.gl/8aoua dan Template untuk cover/sampul buku dapat didownload di sini, gratis ~> http://goo.gl/L2sFd sehingga format ukuran buku akan mengikuti template tersebut, tetapi untuk layout design, jenis font, ukuran font dan semacamnya, penulis dapat mengubah dengan bebas sesuai dengan keinginan.

16. Bagaimana jika ada REVISI naskah setelah buku sebelum sudah upload/sudah terbit?

Untuk revisi naskah sebelumnya, caranya adalah:

1. Hapus (Delete) naskah lama Anda di halaman 'my project'-> http://nulisbuku.com/my-projects

2. Upload ulang naskah baru Anda, caranya sama seperti saat upload naskah baru sebelumnya.

3. Anda DIWAJIBKAN untuk membeli lagi satu buku revisi tersebut, karena kami menganggap naskah tersebut sama seperti naskah baru.

4. Jika tidak mengikuti prosedur nomor 3 tersebut, kami tidak bertanggung jawab atas adanya kesalahan cetak atau kesalahan pengiriman pesanan Anda.

17. Apakah ada batasan, berapa halaman yang harus saya kirim kepada tim nulis buku? 

Ada, minimal adalah 100 halaman hitam-putih ( jumlah halaman yang dihitung adalah jumlah halaman setelah disesuaikan dengan ukuran template nulisbuku, bukan jumlah halaman naskah ukuran A4). Maksimal jumlah halaman: Tanpa batas.

18. Kesulitan registrasi atau tidak bisa upload naskah?

Silakan beritahukan kepada kami, dengan mengirimkan email ke: admin@nulisbuku.com, Anda juga bisa berkomunikasi dengan kami melalui YM (Yahoo Messenger), add ID kami~> nulisbukudotcom atau follow twitter kami: @nulisbuku

Mari berkarya! :D

Publish Your Dream.