Mambur, Datanglah ke Tubuh Balian
0 Colour Pages & 100 B/W Pages
Kategori: Kumpulan Cerpen
Harga: Rp 33000

Mambur, Datanglah ke Tubuh Balian merupakan buku Kumpulan Cerita Pendek (Cerpen) Pemenang dan Nominasi Lomba Penulisan Cerpen Tingkat Nasional bertema Kalimantan Selatan dalam Cerita II. Ada 9 (sembilan) cerita pendek di dalamnya dengan keunikan dan kecanggihan masing-masing dalam menuliskan cerita seputar Kalimantan Selatan.

Tak hanya kekuatan bahasa, tapi juga ceritanya. Mulai dari tradisi kehidupan masyarakat Dayak, sampai kisah cinta yang menggetarkan.

Seperti yang tertulis di pengantar Dewan Juri, menulis cerita pendek bertema lokalitas bukanlah sesuatu yang sederhana.

Permasalahannya adalah bagaimana cerita itu mampu menguar aroma mawar, melati, atau anyelir ke penciuman pembaca. Lebih spesifiknya, sejauh mana pembaca mampu mengidentifikasi bahwa ini aroma mawar yang tak ditemui di tempat tinggalnya hingga ia teryakinkan bahwa cerita yang ia baca ini berasal dari pulau yang lain dan ia tetap merasa perlu membacanya sebab ceritanya menyajikan sesuatu yang lain (mawar yang khas). Bagaimana rasa ”perlu membaca” itu tumbuh? Rasa itu tumbuh karena mawar yang lain itu indah mahkotanya dan cerlang warnanya. Artinya, mawar yang lain itu diceritakan dengan jelas, terang, dan terpahami (Pengantar Dewan Juri).

Berpijak dari sana, kumpulan cerpen dalam buku ini adalah terbaik. Telah melewati seleksi ketat - mampu memberikan aroma tersendiri, aroma Kalimantan Selatan. Maka setiap kali membacanya, laiknya kau mampu mengenali wangi tubuh seseorang ketika mengendus wangi yang menempel di baju, buku catatan atau saat kau membuka jendela kamar. Semua itu, mengingatkanmu pada seseorang.



You May Also Like
 

Review
 
No review yet. Be the first to review this book!

Write A Review
 
Name
 
Email
 
Review
Captcha