PERAN JAKSA DI PENGADILAN AGAMA Dalam Perkara Pembatalan Perkawinan
0 Colour Pages & 148 B/W Pages
Kategori: Hukum
Harga: Rp 33900

Dengan buku ini, penulis bermaksud mengajak para penegak hukum dan penggiat peradilan agama agar lebih bersungguh-sungguh lagi menganalisa peranan seorang jaksa dalam menyelesaikan perkara pembatalan perkawinan, memang dalam BAB V penulis memaparkan secara yuridis kewenangan jaksa dalam berperkara di Pengadilan Agama. Hal itu bertujuan untuk memperkenalkan kembali kepada masyarakat bahwa sosok jaksa bukan hanya berperan pada perkara pidana di Pengadilan Umum (baca Pengadilan Negeri), tetapi jaksa juga bisa menangani perkara perdata agama (pembatalan perkawinan) di Pengadilan Agama.

Tidak banyak orang tahu akan hal ini, termasuk mereka yang bekerja di Pengadilan Agama sendiri. Melalui buku ini, penulis ingin menyampaikan sesuatu yang masih tersirat tersebut, meskipun pada gilirannya nanti penerapan di lapangan terkadang tidak sesuai dengan apa yang termaktub dalam sebuah tulisan.

Tampaknya, di tengah perkembangannya keinginan untuk menyelesaikan perkara dalam bidang perkawinan yang melibatkan seorang jaksa, bukan sekedar isapan jempol belaka, meskipun ada isu-isu penting yang masih harus didiskusikan terlebih dahulu. Adanya upaya Badan Peradilan Agama (Badilag) Mahkamah Agung Republik Indonesia menggagas family court (pengadilan keluarga) sebagai pra-kondisi penerapan hukum keluarga/perkawinan seutuhnya dan pelaksanaan sebagian hukum pidana dalam bidang perkawinan secara gradual, akan dikemukakan dan didiskusikan sebagai epilog pada bab terakhir.

The last but not least, penulis harus mengakhiri sambutan ini, harapannya adalah kehadiran buku ini di tengah-tengah umat Islam khususnya dan para penegak hukum pada umumnya, mampu menggairahkan wacana publik yang semakin  bergelora dalam melaksanakan ajaran Islam secara sungguh-sungguh.



You May Also Like
 

Review
 
No review yet. Be the first to review this book!

Write A Review
 
Name
 
Email
 
Review
Captcha