Pesantren di Dalam Penjara
0 Colour Pages & 180 B/W Pages
Kategori: Hukum
Harga: Rp 40000

Buku ini berangkat dari adanya kegelisahan-kegelisahan akademik penulis, khususnya dunia pemasyarakatan yang dianggap sebagai dunia lain bagi masyarakat umum karena melestarikan teka-teki kerahasiaan di dalamnya. Tidak dapat dipungkiri ide munculnya sistem pemasyarakatan yang berusaha mengarahkan sistem pemidanaan berubah menjadi persiapan pelaku tindak kejahatan untuk dapat diterima di masyarakat, ternyata masih belum difahami oleh masyarakat.

Persoalannya sederhana bahwa pidana kurungan dan segala kegiatan di dalamnya masih diasumsikan sebagai upaya balas dendam serta penjeraan terhadap pelaku kejahatan, bahkan interest terhadap penyiksaan ide penyadaran sekaligus pembekalan dasar-dasar norma serta penguatan kepribadian dan kemandirian melalui keterampilan seolah-olah telah tenggelam dalam keramaian kasus yang mendera terhadap lingkungan pemasyarakatan.

Secara spesifik, tulisan ini mencoba menggambarkan sistem pembinaan yang manusiawi melalui model pesantren di dalam lembaga pemasyarakatan. Dengan menggunakan contoh yang ada di LP Klas I Cipinang, LP Klas II Narkotika Jakarta, dan rutan Klas IIA Jakarta Timur (Pondok Bambu), penulis ingin menempatkan prinsip-prinsip pemasyarakatan sebagai cara pandang memahaminya.

Pada upaya tersebut, penulis menyadari bahwa apa yang tersajikan di dalam buku ini bukan satu-satunya gambaran yang utuh, namun setidaknya dapat menjadi pijakan awal untuk menjadi renungan bagi para pembaca tentang uapay memformat penjara yang serasa pesantren.



You May Also Like
 

Review
 
mantabzz....apapun bentuknya ini bentuk show ke publik bahwa penjara tidak "sekelam" yang dipublikasikan media...buku ini bisa juga dipromisiin ke blog saya mas...Trims
Hmm.. mantabs jika ad suara pembaruan atas penjara di Indonesia yg selalu suram
Mungkinkah??? Mungkinkah mampu bersatu anatara kjahatan dg kbaikan... ???
Gagasn yg layak mnjdi prtimbangan kbijakan.. Pesantren bgai penjara, skrg berubah penjara bagai pesantren
bagus, n sesuai dengan makna penyembuhan sakit mental dan kepribadian narapidana agar mnjadi orang baik. Smoga mampu menggairahkan kalangan pesantren berdinamika akademik

Write A Review
 
Name
 
Email
 
Review
Captcha